VISI
Visi Satuan Pengawasan Internal :
Menjadikan Satuan Pengawasan Internal yang profesional dan memberikan nilai penguatan mewujudkan institusi preservasi tahun 2020, serta mengawal terciptanya “leading university governance” untuk mencapai tujuan Universitas Tanjungpura (UNTAN) berlandaskan ketaqwaan, moral pancasila, dan berdaya saing.

MISI
Misi Satuan Pengawasan Internal :
1. Melaksanakan pengawasan internal atas aktivitas manajemen disemua unit kerja dilingkungan UNTAN terutama dibidang non-akademik (keuangan, asset, dan kepegawaian).
2. Menjadi mitra strategis bagi manajemen universitas dalam memberikan nilai tambah pada proses penyelenggaraan UNTAN terutama bidang non akademik.
3. Membantu pimpinan untuk mendapatkan penilaian yang obyektif dan berkualitas atas pelaksanaan kegiatan dimasing-masing unit kerja di lingkungan UNTAN bidang non akademik.
4. Mendorong pimpinan Universitas untuk meningkatkan penerapan tata kelola universitas yang unggul (leading university governance).

TUJUAN
Sebagai pedoman pelaksanaan Pengawasan Internal pada Unit Pengawas Internal di Lingkungan Universitas Tanjungpura Pontianak.

DEFINISI
1. Pengawasan Intern adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan,dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi yang bertujuan untuk mengendalikan kegiatan, mengamankan harta dan aset, terselenggaranya laporan keuangan yang baik, meningkatkan efektivitas dan efisiensi, dan mendeteksi secara dini terjadinya penyimpangan dan ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.
2. Audit adalah proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi bukti yang dilakukan secara independen, obyektif, dan profesional berdasarkan standar audit, untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, efektivitas, efisiensi, dan keandalan informasi pelaksanaan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah.
3. Reviu adalah penelahaan ulang bukti-bukti suatu kegiatan untuk memastikan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, standar, rencana, atau norma yang telah ditetapkan.
4. Evaluasi adalah rangkaian kegiatan membandingkan hasil atau prestasi suatu kegiatan dengan standar, rencana, atau norma yang telah ditetapkan, dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu kegiatan dalam mencapai tujuan.
5. Pemantauan adalah proses penilaian kemajuan suatu program atau kegiatan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
6. Satuan Pengawasan Internal yang selanjutnya disebut SPI adalah satuan pengawasan yang dibentuk untuk membantu terselenggaranya pengawasan terhadap pelaksanaan tugas unit kerja dan fakultas di lingkungan Universitas Tanjungpura.
7. Satuan Pengawasan Internal merupakan unit kerja pembantu Rektor yang bertugas melaksanakan pengawasan dalam lingkungan Universitas Tanjungpura untuk menjamin bahwa segala kegiatan berjalan sesuai peraturan, standar, program, sistem dan prosedur yang telah ditetapkan oleh Rektor Universitas Tanjungpura.
8. Satuan Pengawasan Internal terdiri dari Ketua merangkap Anggota, Skretaris merangkap Anggota, dan Anggota yang dipimpin oleh Ketua Satuan Pengawasan Internal.
9. Kepala Satuan Pengawas Internal berkedudukan dan bertanggungjawab kepada Rektor serta kordinasi langsung dengan Dekan Fakultas di lingkungan Universitas Tanjungpura.