RUANG LINGKUP TUGAS
Ruang lingkup tugas SPI Universitas Tanjungpura menyelenggarakan fungsi:
1. Penyusunan program pengawasan;
2. Pengawasan kebijakan dan program;
3. Pengawasan pengelolaan kepegawaian, keuangan, dan barang milik negara;
4. Pengawasan pengelolaan asset tanah dan bangunan
5. Pengawasan pengelolaan RKA-KL fakultas
6. Pengawasan pengelolaan kontrak pembangunan gedung termasuk gedung fakultas, ruang kuliah, dan laboratorium.
7. Pengawasan, pemantauan proses lelang proyek.
8. Pengawasan pengelolaan kontrak penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
9. Pengawasan pengelolaan Piutang dan Hutang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).
10. Pengawasan pengelolaan belanja inventaris/BMN dan PPN nya.
11. Pengawasan pegelolaan tenaga honorarium
12. Pemantauan dan pengkoordinasian tindak lanjut hasil pemeriksaan internal dan eksternal;
13. Pendampingan dan reviu laporan keuangan;
14. Pemberian saran dan rekomendasi;
15. Penyusunan laporan hasil pengawasan; dan
16. Pelaksanaan evaluasi hasil pengawasan.
17. Penyampaian laporan hasil pengawasan, evaluasi kepada Rektor.

PRINSIP-PRINSIP PENGAWASAN
1. SPI dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksanaan secara bebas dan mandiri.
2. Dalam rangka menjaga kebebasan dan kemandirian, SPI berkewajiban mematuhi kode etik pengawasan.
3. SPI mempunyai akses terhadap seluruh dokumen, pencatatan, personil, dan fisik kekayaan Universitas Tanjungpura diseluruh bagian dan unit-unit lainnya untuk mendapatkan data dan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas SPI.
4. SPI tidak mempunyai kepentingan baik langsung atau tidak langsung dengan obyek pemeriksanaan.
5. SPI menjalankan tugas menjaga nilai-nilai integritas.